Monday 13 February 2012

Orang Beruntung

Aswrwb, mentemen terkasih...…Athiullaha wa athiur rasul faintawallau fainnallaha laayuhibbul kafirin…. Sodaqolllhul adzim…
Katakanlah: "Ta`atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir". (3:32)
Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (3:31)
Dia-lah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang hak agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama. Dan cukuplah Allah sebagai saksi.(48:28)
(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma`ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Qur'an), mereka itulah orang-orang yang beruntung.(7:157)
Siapakah yang beruntung…. Dia adalah orang yang bertakwa (yaitu):
1. mereka yang beriman kepada yang ghaib, makhluk ghaib seperti jin, malaikat, dan percaya qodo dan qodar atau (takdir yang baik dan takdir yang buruk)
2. yang mendirikan shalat (salat sebagai tiang agama, maka dari itu perintahkan keluargamu untuk mendirikan shalat, dan jangan meninggalkannya, karena sama dengan menghancurkannya
3. menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka, (2:3), (Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.(3:92), dan
4. mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur'an) yang telah diturunkan kepadamu (dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai-beraikan kamu dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.(6:153), dan
5. Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, (taurat, injil, zabur dan shuhuf)
6. serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.(3:4)
Diriwayatkan daripada Saidina Ali katanya: …. Barang siapa yang termasuk dalam golongan yang mendapat kebahagiaan, sudah pasti dia mudah melakukan amalan kebaikan. Begitu juga barang siapa yang termasuk dalam golongan yang mendapat kecelakaan, dia juga sudah pasti mudah melakukan amalan buruk.
Adapun orang yang memberikan apa yang ada padanya ke jalan kebaikan dan bertakwa dengan mengerjakan suruhan Allah dan meninggalkan segala larangannya serta dia mengakui dengan yakin akan perkara yang baik, maka sesungguhnya kami akan memberikan dia kemudahan untuk mendapat kesenangan Syurga.
Sebaliknya orang yang bakhil daripada berbuat kebajikan dan merasakan cukup dengan kekayaannya dan kemewahannya serta dia mendustakan perkara yang baik, maka sesungguhnya kami akan memberikannya kemudahan untuk mendapat kesusahan dan kesengsaraan (1547)
Semoga kita tergolong kepada orang yang beruntung yang mudah dan mau melakan amal kebaikan yaitu keyakinan akan mendapatkan syurga Allah SWT amin…
Billahi taufik walhidayah wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh…

No comments:

Post a Comment